DORONG PUBLIKASI ILMIAH DOSEN, FEBI IAIN SALATIGA ADAKAN WORKSHOP AKSELERASI JURNAL BEREPUTASI INTERNASIONAL

Salatiga-Humas | Paradigma dunia pendidikan saat ini menuntut Perguruan Tinggi mempunyai reputasi yang baik di tingkat internasional, salah satunya ditentukan oleh kegiatan penelitian dan publikasi yang bertaraf internasional. Dalam rangka mendorong hal tersebut, FEBI IAIN Salatiga mengadakan Workshop Akselerasi Jurnal Bereputasi Internasional. Kegiatan ini berlangsung di Grand Tjokro Hotel Yogyakarta pada tanggal 31 Maret – 1 April 2022.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI IAIN Salatiga, Dr. Anton Bawono, S.E., M.Si., mengungkapkan terkait pentingnya publikasi yang dilakukan oleh dosen-dosen FEBI. “Selain untuk meningkatkan kemampuan dosen, publikasi juga sangat berkontribusi untuk kemajuan Lembaga agar bisa survive dalam menghadapi akreditasi”, ungkapnya. Selain itu, beliau juga menyampaikan terkait linearitas antara bidang keilmuan yang diambil saat studi lanjut, karya ilmiah yang ditulis dan mata kuliah yang diampu.

Workshop yang dihadiri oleh pihak eksternal, yaitu Wakil Dekan I Bidang Akademik UPN Veteran Yogyakarta, Dr. Sri Suharsih, S.E., M.Si. dan  Dr. E. Diah Lufti Wijayanti, SE, M.Si ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin M.Ag. Beliau menjelaskan tentang tiga hal, yang pertama terkait dengan etika dalam publish dijurnal bereputasi internasional, selanjutnya terkait kesesuaian antara bidang keilmuan yang diambil selama studi lanjut, judul disertasi, dan mata kuliah yang diampu harus linear dengan karya ilmiah yang ditulis.  Yang terakhir terkait penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam menulis artikel.

Acara selanjutnya adalah penandatanganan Perjanjian Kinerja (PERKIN) tahun 2022 antara Dekan dengan Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan Kepala Bagian yang ada di FEBI IAIN Salatiga. Penandatangaan PERKIN ini dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel serta berorientasi pada hasil. Dalam rangka mencapai target kinerja jangka menengah seperti yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan, para pengelola yang ada di FEBI IAIN Salatiga berkomitmen untuk mewujudkan target kinerja, memberikan supervisi yang diperlukan serta akan melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Acara selanjutnya diisi oleh narasumber dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr. Udin, S.E., M.M., yang memaparkan terkait proses review, serta mempraktikkan cara submit di jurnal bereputasi internasional. Selain itu, beliau juga membedah beberapa artikel yang dimiliki oleh dosen FEBI IAIN Salatiga untuk selanjutnya dapat diperbaiki agar siap untuk publish di jurnal-jurnal bereputasi Internasional.

Tindak lanjut dari acara workshop ini adalah dibentuknya kelompok menulis bersama antara dosen-dosen FEBI IAIN Salatiga yang dikoordinasi lansung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Abdul Aziz NP, M.M.  (RN)