FEBI IAIN Salatiga Gelar Pembekalan Wisudawan dalam Rangka Menyiapkan Kompetensi Wisudawan yang Unggul dalam Dunia Kerja

Salatiga-Humas | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga menyelenggarakan pelepasan wisudawan dengan memberikan pembekalan kepada para wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga pada hari Rabu, 30 Maret 2022 bertempat di Gedung Auditorium IAIN Salatiga. Hari ini adalah hari bahagia dimana para wisudawan dari Program Studi Perbankan Syariah dengan jumlah 96 wisudawan, Prodi Ekonomi Syariah berjumlah 24 wisudawan, Prodi Manajemen Bisnis Syariah 15 wisudawan dan Prodi Akuntansi Syariah berjumlah 14 wisudawan, total 149 wisudawan dilepas dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Pembekalan ini diselenggarakan sebagai sarana apresisasi dan motivasi untuk para wisudawan atas pencapaian dan pengalamannya selama di FEBI IAIN Salatiga. Untuk periode wisuda Maret tahun 2022 acara pelepasan sekaligus memberikan pembekalan pada para wisudawan dengan mengangkat tema yaitu “Menyiapkan Kompetensi Wisudawan yang Unggul dalam Memasuki Dunia Kerja” acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.

Dalam sambutannya, Dr. Anton Bawono, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menyampaikan bahwa wisuda bukan akhir dari segalanya, harus tetap belajar dan memperbaiki diri agar menjadi insan yang lebih baik lagi. Mengingat tantangan yang dihadapi alumni sangat kompleks dalam memasuki dunia kerja, beliau mengingatkan para alumni untuk tetap mengasah dan meningkatkan kompetensi mereka serta harus memiliki personality yang lebih menjual saat memasuki dunia kerja, sehingga mampu bersaing baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Beliau mengharapkan agar para wisudawan dapat diterima kerja sesuai dengan potensi, sesuai dengan level KKNI. Karena alumni merupakan bagian penilaian yang tidak kecil dalam penilaian akreditasi yang akan berguna bagi lembaga kedepannya. Pada kesempatan tersebut, Dekan FEBI IAIN Salatiga berpesan untuk tetap semangat meraih tujuan yang hendak dicapai, persaingan jangan ditakuti tetapi persaingan bisa dimenangkan dengan strategi yang islami, persaingan yang sehat yang akan bisa meraih kemenangan dengan sangat baik. “..buatlah bangga kami sebagai almamater dan buatlah bahagia orang tua yang telah berjuang”, dan semoga dengan pembekalan ini, para alumni bisa menarik manfaat, menjadikan motivasi, berbenah diri dan mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja, ungkap Dekan.

Acara selanjutnya yaitu pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik yang diraih oleh Mirah Zakiyyah dari Program Studi Perbankan Syariah dengan IPK 3,84, Assa Auliyaun Nisak dari Program Studi Ekonomi Syariah dengan IPK 3,83, Isnantiya Sofitriana dari Program Studi Akuntansi Syariah dengan IPK 3,86, dan Dharul Irfamawan dari Program Studi Manajemen Bisnis Syariah dengan IPK 3,76. Para lulusan terbaik mendapatkan sertifikat penghargaan yang diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Pembekalan kali ini mengundang narasumber yaitu Rafika Nur Kusumawati, S.Psi., MA. dengan mengangkat tema “Menyiapkan Kompetensi Wisudawan yang Unggul dalam Dunia Kerja” dimana telah disampaikan oleh pemateri terkait dengan pentingnya Personal Branding bagi fresh graduate dalam mempersiapkan diri yang unggul ketika memasuki dunia kerja, apa yang membedakan kita dengan kandidat lainnya, begitu juga dengan kepribadian di luar lingkungan kerja. Sehingga, ketika kita sudah membangun personal branding yang baik, maka akan menjadi daya tarik dan menjadi nilai tambah sehingga dilirik oleh perusahaan.

Di akhir acara dilanjutkan dengan pengenalan CDC (Career Development Center) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga dimana CDC tersebut memberikan informasi terkait lowongan kerja, tips melamar kerja, dan agenda lainnya yang ada pada Career Development Center FEBI IAIN Salatiga. Secara keseluruhan acara pelepasan dan pembekalan Wisudawan berjalan dengan lancar dan khidmat serta semua yang hadir di Auditorium IAIN Salatiga selalu menerapkan protokol kesehatan disetiap sesi acara. (DR)