Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif: Sebuah Sarana Upgrade Skill Penelitian Dosen

Salatiga-Humas | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga mengadakan Workshop Metodologi Peneltian Kuantitaif bagi Dosen (8/11). Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengupgrade kemampuan riset dikalangan dosen. Dengan adanya workshop ini, tentu diharapkan akan adanya peningkatan kegiatan penelitian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga. Acara ini diselenggarakan di Solia Zigna Hotel, Solo yang dimulai tanggal 8 Nopember 2021 sampai dengan 10 Nopember 2021. Acara dihadiri oleh dosen-dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN salatiga, Dr. Anton Bawono, M.Si., menyampaikan kepada para dosen  untuk terus semangat dalam berkarya dengan meneliti, menulis dan mempublikasikannya. Semangat dosen FEBI dalam berkarya ini sangat berguna untuk kemajuan lembaga.

Workshop diawali dengan pemaparan materi dan diskusi yang meghadirkan pemateri yang ahli di bidang penelitian Kuantitif, Dr. Choirul Amin,M.M. Sebelum acara dimulai, pembicara melakukan pre-test melalui GoogleForm. Dalam pemaparan, narasumber menyampaikan mulai dari filosofi penelitian, tips menulis metodologi yang efektif, apa yang harus dihindari dalam penulisan metodologi, hingga memberikan contoh-contoh artikel bereputasi dalam cara menuliskan metodologi.

Proses diskusi yang diadakan setelah pemaparan materi berlangsung dengan interaktif. Beberapa dosen bertanya dan berdiskusi kepada pemateri mengenai penelitan kuantitatif. Dalam sesi tersebut, narasumber juga mencontohkan bagaimana menuliskan metodologi dengan mengamati, meniru dan memodifikasi metodologi penelitian dari artikel jurnal penelitian yang sudah ada.

Tidak hanya pemaparan materi dan diskusi, acara dilanjutkan dengan tiga sessi Focus Grup Discussion dengan tema Penerapan Metode Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Internasional dengan Metode Kuantitatif.. Sessi pertama dalam Focus Group Discussion  dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Bapak Dr Abdul Aziz Nugraha Pratama, M.M., Focus Group Discussion kedua dipimpin oleh wakil dekan bidang administrasi, perencanaan, dan keuangan, Bapak Dr. Faqih Nabhan, M.M., dan yang ketiga dipimpin oleh Wakil dekan Kemahasiswaan, Bapak Mochlasin, M.Ag. (REP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *