GALI TEMA AKTUALISASI CPNS, FEBI IAIN SALATIGA KUNJUNGI BDK MANADO

Manado – Humas | Agenda kegiatan para CPNS tahun ini cukup banyak. Diawali dengan kegiatan Massive Open Online Course (MOOC) dimana para CPNS ini belajar tentang nilai-nilai dasar PNS secara mandiri, dilanjutkan dengan blended learning dimana peserta belajar jarak jauh dengan didiampingi oleh widyaiswara, hingga nanti sampai pada tahap aktualisasi.

Tahap aktualisasi adalah tahapan dimana para CPNS harus menerapkan nilai-nilai dasar PNS pada saat dia bekerja di institusi masing-masing yang dimulai dengan penerapan nilai-nilai tersebut dalam sebuah “proyek”. Para CPNS diwajibkan untuk memberikan solusi atau meningkatkan kualitas layanan di institusinya melalui suatu kegiatan atau menciptakan suatu program atau aplikasi yang dapat digunakan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Tahun 2021 ini, FEBI memiliki sebanyak 11 orang CPNS yang mereka harus melakukan aktualisasi. Dalam pelaksanaan aktualisasi ini, mereka didampingi oleh seorang Mentor dari lembaga tempat mereka bekerja dan satu orang coach yang merupakan widyaiswara dari Balai Diklat.

Untuk meningkatkan kapasitas para mentor dan menggali tema aktualisasi, FEBI IAIN Salatiga melakukan kunjungan ke Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado. Rombongan yang dipimpin oleh Dekan FEBI IAIN Salatiga ini tiba di BDK Manado pada hari Sabtu, 13 November 2021. Rombongan yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, dan Kepala Bagian TU FEBI ini diterima oleh Kabag TU BDK Manado, Ibu Hendrawaty Tubagus, S.Sos., dan didampingi oleh Kasie Teknis, Bapak Irwan Muhammad, M.Si. di Ruang Kepala Balai.

“Yang datang ke sini, semuanya adalah mentor. Kami ingin belajar bagaimana memberikan arahan kepada mentee kami. Kami juga ingin tahu mengenai hasil aktualisasi dari para CPNS yang ada di bawah BDK Manado ini”, ungkap Dekan saat mengutarakan maksud dan tujuan kunjungan ini.

“Mentor tugasnya membimbing dan mengarahkan adik-adik CPNS dalam melaksanakan aktualisasi sehingga pelaksanaan aktualisasi bisa berjalan sesuai dengan Rancangan Aktualisasi. Mentor juga bisa memberi masukan isi rancangan agar hasil dari proyek aktualisasi bisa lebih baik.”, jawab Ibu Hendrawaty. Beliau juga menambahkan bahwa saat ini Rancangan Aktualisasi dari para CPNS sangat bervariasi dan semakin banyak yang memadukan dengan teknologi informasi. Hal ini tentunya mengikuti perkembangan jaman dimana teknologi menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam pekerjaan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *