FEBI IAIN SALATIGA LAKUKAN BENCHMARKING KE IAIN MANADO

Manado – Humas | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Salatiga melakukan benchmarking ke IAIN Manado pada Jum’at, 12 November 2021. Rombongan FEBI IAIN Salatiga yang terdiri dari Dekan, Dr. Anton Bawono, M.Si., Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. H. Abdul Aziz Nugraha Pratama, M.M., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. Faqih Nabhan, M.M., dan Kepala Bagian TU, Umi Sahil, S.E. disambut hangat oleh Dekan FEBI IAIN Manado, Dr. Rosdalina Bukido, M.Hum. beserta jajarannya di Ruang Aula Dekanat FEBI IAIN Manado.

Acara diawali dengan diskusi pengembangan lembaga di FEBI IAIN Manado dan di FEBI IAIN Salatiga. Dalam diskusi tersebut, FEBI IAIN Manado menyampaikan tentang sejarah perjalanan lahirnya FEBI IAIN Manado. Dalam waktu dekat, Program Studi Perbankan Syariah S1 IAIN Manado akan mengadakan akreditasi program studi. Pada kesempatan tersebut, Dekan FEBI IAIN Manado memohon kepada FEBI IAIN Salatiga perihal pengalamannya dalam menghadapi akreditasi prodi khususnya Perbankan Syariah, sebab prodi Perbankan Syariah di IAIN Salatiga merupakan prodi pertama di FEBI IAIN Salatiga dan sudah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT. Di akhir sambutannya, Dekan FEBI IAIN Manado mengatakan “Atas nama lembaga kami mengucapkan terima kasih kepada Rombongan FEBI IAIN Salatiga yang sudah berkenan untuk mengunjungi FEBI IAIN Manado. Harapan kami, kunjungan ini menjadi langkah awal untuk semakin eratnya hubungan antara FEBI IAIN Manado dengan FEBI IAIN Salatiga, dan bisa memunculkan kerja sama yang berkesinambungan antara 2 lembaga ini.”

Setelah itu, Dekan FEBI IAIN Salatiga menceritakan pengalaman-pengalaman terkait dengan akreditasi program studi di FEBI IAIN Salatiga juga kebijakan-kebijakan akreditasi saat ini. Pada sambutannya tersebut, Dekan FEBI IAIN Salatiga juga menyampaikan adanya kebijakan Kampus Merdeka, semua FEBI di Indonesia harus lebih merapatkan barisan untuk bisa saling terhubung. Kurikulum Kampus Merdeka mengamanahkan kepada perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mengambil mata kuliah di prodi lain bahkan untuk bisa kuliah di perguruan tinggi lain, sehingga kerja sama seperti pertukaran mahasiswa, kolaborasi penelitian, dan lain-lain perlu untuk lebih ditingkatkan. “Kami datang ke sini ingin belajar dari pengalaman FEBI IAIN Manado yang memiliki kerja sama dengan Filipina, Thailand, dan mungkin negara lain. Selain itu kami juga mengajak FEBI IAIN Manado untuk bekerja sama dalam bidang pendidikan seperti pertukaran mahasiswa, penelitian, seminar, dan lain-lain.”, ungkap Dekan FEBI IAIN Salatiga.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara FEBI IAIN Salatiga dan FEBI IAIN Manado. Nota Kesepahaman yang ditandangani oleh Dekan FEBI IAIN Salatiga dan Dekan FEBI IAIN Manado ini berisi antara lain ruang lingkup nota kesepahaman yang meliputi: Riset dan Penelitian; Pelatihan diberbagai keahlian; Lokakarya, seminar, dan kegiatan akademik lainnya; Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam beberapa mata kuliah; Program Pertukaran; Bantuan tenaga pengajar; dan bidang-bidang lain yang disepakati.

Penandatangan Nota Kesepahaman yang disaksikan oleh para Wakil Dekan dari kedua lembaga ini juga dihadiri oleh para Satuan Pengawas Internal (SPI) IAIN Manado, para Ketua dan Sekretaris Program Studi di FEBI IAIN Manado, Kabag TU FEBI IAIN Manado, sebagian dosen dan mahasiswa IAIN Manado.

Semoga kerja sama antara IAIN Salatiga dan IAIN Manado ini semakin meningkatkan keberkahan bagi dua lembaga ini dan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat. (AHK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *