IAIN Salatiga Gelar Kursus Karakter Bagi Dosen

Lagi-lagi, IAIN Salatiga menggelar “Training of Trainer (TOT); kursus karakter bagi dosen IAIN Salatiga”. Training ini merupakan training lanjutan yang pernah diadakan oleh Biro Tazkia IAIN Salatiga bulan Juni lalu. Training yang diikuti oleh puluhan dosen perwakilan dari semua fakultas yang ada di IAIN Salatiga, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora, berlangsung hingga dua hari. Terhitung mulai hari Selasa hingga Rabu, 8-9 Mei 2018.

Kursus karakter ini, tidak hanya dikhususkan bagi dosen-dosen yang mempunyai kristalisasi keilmuan yang berbaur tentang Psikologi, Bimbingan Konseling, maupun Akhlaq Tasawuf saja. Akan tetapi, kursus ini diperuntukkan bagi semua dosen dari berbagi cabang keilmuan. Di antaranya dosen-dosen perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), yang mendelegasikan enam dosen yang mempunyai back ground keilmuan yang berbeda. “Bagi saya, training ini adalah training wajib yang harus diikuti oleh semua dosen. Karena dalam training ini, peserta (dosen) diharapkan dapat memberikan terapi spiritual kepada mahasiswa, dalam pembentukan karakter mereka. Maka dari itu, perlu change your life, by changing your mind”. Tutur Rina Rosia, M.S.I, selaku dosen Ekonomi Syariah, salah satu dosen delegasi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Acara Training Of Trainer ini dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Salatiga, Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd. dilanjutkan dengan penjelasan selayang pandang terkait Training ini. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa, “Training ini diharapkan dapat menghasilkan trainer yang siap mencetak mahasiswa religious dan berakhlaq mulia, berkompeten dalam bidangnya dan mampu bersaing, serta siap menjadi calon pemimpin umat dan bangsa”. (Rina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat