Pembekalan kegiatan KKL: Sintesa Teori dan Praktik

KKL (Kuliah Kerja Lapangan) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bersifat praktikum lapangan, yang dapat diikuti mahasiswa setelah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Fakultas. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja yang menekankan antara teori dan praktik. Kegiatan ini juga membekali mahasiswa dengan soft skill dalam menghadapi dunia kerja, dan diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, kreatif, dan inovatif. Karena lulusan suatu perguruan tinggi, dituntut untuk memiliki empat kemampuan, yaitu academic knowledge, skill of thinking, management skiil, dan communication skill. Sinergisme keempatnya akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan ataupun tantangan-tantangan yang dihadapi.

Kegiatan pembekalan peserta KKL tersebut dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Mochlasin, M.Ag, Dalam sambutannya, Mochlasin menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sintesa teori dan praktik. Teori-teori yang telah dipelajari oleh mahasiswa dipraktikan langsung di lapangan, agar mahasiswa dapat menghadapi masalah-masalah ataupun tantangan-tantangan yang terjadi di dunia kerja. Kegiatan ini tidak semata mata traveling, tapi merupakan bagian dari kegiatan akademik, untuk itu mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah pengalaman. Sebagaimana perintah Allah dalam surat al-mulk ayat 15, “Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya.” Maka dari itu, jadikanlah ‘traveling KKL ini’ sebagian dari jalan untuk mendapatkan banyak pengalaman untuk menjadi pembelajaran dalam hidup kita. Sebagaimana yang pepatah katakan bahwa “experience is the best teacher”.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk membekali para mahasiswa sebelum pemberangkatan KKL dengan tujuan Semarang-Jakarta-Bandung, sehingga nantinya sesampai di lokasi KKL, mereka tidak canggung lagi. “Kegiatan KKL tahun akademik 2017/2018 ini bertempat di beberapa lokasi tujuan, yaitu di Bank Indonesia (BI) Semarang, Bursa Efek Indonesia, Badan Pengawas Keuangan (BPK), Dirjen Pajak kantor pusat BRI Syariah, Museum Bank Indonesia Jakarta, dan Pondok Pesantren Darut Tauhid Bandung. KKL ini akan berlangsung selama lima hari, terhitung mulai Selasa-Jum’at, 9 – 13 Juli dengan menggunakan tiga bus yang telah disiapkan oleh panitia. Dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan mahasiswa peserta KKL nantinya mampu mengimplementasikan ilmunya yang telah didapat dari bangku perkuliahan, sesuai dengan yang dicita-citakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di dalam visi dan misi tentunya.” Jelas Fetria Eka Yudiana, M. Si, selaku Kajur S1 Prodi Perbankan Syariah. (Rina)