SEBANYAK 723 MAHASISWA BARU MENGIKUTI PBAK FEBI UIN SALATIGA​

Salatiga – Humas | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga hari ini (Kamis, 25 Agustus 2022) melaksanakan Upacara Pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2022-2023. Acara tersebut dilaksanakan secara ofline atau tatap muka di halaman Aula Kampus 1 dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dihadiri sivitas akademika FEBI UIN SALATIGA. Tema PBAK tahun ini ialah Penguatan Ukhuwah Wathaniyah untuk Membentuk Ekonom Muda yang Berkarakter dalam Bingkai Islam Wasathiyah.

Ahmad Ulinnuha, Ketua PBAK FEBI Tahun 2022, dalam kesempatan tersebut menyampaikan laporan Pelaksanaan PBAK FEBI Tahun Akademik 2022. “Alhamdulillahirabbil alamin pada tahun ini PBAK FEBI dapat diikuti oleh sebanyak 723 mahasiswa,” ujar Ulin.

“Menjadi pribadi yang berkarakter dalam bingka Islam Washatiyah adalah keren dan hebat. Dengan begitu keberadaannya dapat terasa kebermanfaatannya di lingkungan sekitarnya. Mulai dari yang terkecil dari keluarganya, sekitarnya, hingga masyarakat secara nasional. Apalagi sebagai mahasiswa untuk bisa mengabdi, untuk bisa berkontribusi, kemudian memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat secara luas,” tuturnya.

Berikutnya, Dekan FEBI, Dr. Anton Bawono, M.Si. menyampaikan sambutan dan pesan kepada para mahasiswa baru.

“Atas nama seluruh keluarga besar FEBI, saya mengucapkan selamat kepada Saudara atas keberhasilan menjadi mahasiswa baru UIN Salatiga tahun angkatan 2022-2023, khususnya di FEBI UIN Salatiga. Saudara juga patut berbangga karena tahun ini IAIN Salatiga beralih status menjadi UIN Salatiga dan merupakan PTKI nomor tujuh di Indonesia versi Webometric,” ujarnya.

Ia melanjutkan, menjadi mahasiswa tentu memiliki konsekuensi yang berbeda dengan ketika menjadi siswa. Mahasiswa adalah pembelajar dewasa yang mampu bertangung jawab terhadap diri sendiri dan pilihan-pilihan yang diambil.

FEBI UIN Salatiga, sambung dia, memberi kesempatan dan dukungan yang sangat memadai agar para mahasiswa menjadi mahasiswa yang inspiratif, produktif, dan inovatif. Selain itu, menjadi ekonom muda yang berkarakter Islam Wasathiyah, tidak hanya melalui kegiatan perkuliahan, tetapi juga melalui pengembangan diri melalui berbagai kegiatan akademik seperti penelitian, seminar, dan lain-lain. Sementara untuk mengikatkan karakter bisa melalui pusat-pusat kegiatan mahasiswa yang akan memberi tambahan kemampuan kepemimpinan dan organisasi.

“Tantangan baru yang Saudara hadapi sekarang adalah terkait dengan memunculkan motivasi belajar pasca pandemi Covid-19 dimana semasa pandemi pembelajaran kita lakukan dengan full daring, kini kita lakukan dengan full tatap muka. Perubahan ini tentunya perlu disadari oleh semuanya dan siap menyesuaikan perubahan ini” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa FEBI UIN Salatiga telah menyiapkan berbagai strategi untuk menyelenggarakan pembelajaran bagi seluruh mahasiswa agar mahasiswa FEBI nantinya bisa mencapai apa yang dicita-citakan melalui FEBI. Tidak lupa beliau juga menyampaikan Selamat dan Selamat Datang kepada seluruh mahasiswa baru FEBI UIN Salatiga Tahun Akademik 2022/2023, semoga kerasan dan dapat mengikuti budaya akademik dan kemahasiswaan di FEBI. (AHK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *