WORKSHOP ACADEMIC WRITING FOR SCOPUS JOURNAL TARGETING FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SALATIGA

Solo-Humas | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga adakan Workshop Academic Writing For Scopus Journal Targeting pada tanggal 29-31 Agustus 2022 di Solia Zigna hotel Solo. Kegiatan ilmiah ini diikuti oleh para dosen dan karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga, dengan menghadirkan narasumber dengan pengalaman riset di jurnal terindeks scopus, yaitu Bapak Putra Pamungkas, M. RECH., Ph.D.

Rektor Universitas Islam Negeri Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag. memberikan sambutan sekaligus membuka acara workshop Academic Writing For Scopus Journal Targeting dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal dimana academic writing penting untuk menunjang dosen agar sering berlatih dan bisa lolos di jurnal internasional. Selain itu, Rektor UIN Salatiga mengungkapkan bahwa institut akan terus memberikan insentif untuk penelitian para dosen yang terbit di jurnal internasional. Oleh karena itu, beliau berharap semua dosen semangat dalam berlatih dan menulis dengan target jurnal yaitu scopus. Dengan adanya workshop ini “kami menyambut baik dan perlu diteruskan sebagai pengingat bahwa kita punya orientasi untuk lebih baik lagi”. Ungkap Rektor.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN Salatiga Dr. Anton Bawono, SE., M.Si. dalam sambutannya memberikan semangat menulis kepada para dosen yang hadir, dimana kita bisa diberi kesempatan untuk mengetahui bagaimana artikel kita bisa terbit di jurnal internasional dan hasil terbitan dosen bisa menjadi referensi RPS yang akan kita berikan materinya pada perkuliahan kedepan. Penting mengolah skill menulis, dimana hasil penelitian dan artikel PkM bisa diintegrasikan pada perkuliahan. Kembangkanlah ilmu yang kita miliki, sehingga dapat berguna bagi diri pribadi dan lembaga. Ungkap Dekan.

Acara selanjutnya, pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Putra Pamungkas, M. RECH., Ph.D. Beliau merupakan dosen muda FEB dari Universitas Sebelas Maret dan seorang peneliti di Center for Fintech and Banking Universitas Sebelas Maret. Tidak hanya itu, pengalaman beliau dalam publikasi artikel ilmiah dan menjadi editor jurnal internasional. Sehingga dalam pemaparan materi beliau memiliki pengalaman yang luar biasa mulai dari permasalahan dalam penerbitan artikel sampai memaparkan trik untuk terbit di scopus. Harapannya, hasil riset kita bisa dikembangkan dalam materi ajar. Kemudian, acara dilanjutkan dengan finalisasi RPS, dimana hasil riset kita perlu dimasukkan untuk menjadi referensi perkuliahan yang akan datang.