WORKSHOP PENYUSUNAN DRAFT KURIKULUM KAMPUS MERDEKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN SALATIGA

Salatiga-Humas| Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga kembali menyelenggarakan Workshop Penyusunan Draft Kurikulum Kampus Merdeka di Salatiga yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 Oktober 2021, kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan rencana kurikulum kampus merdeka dan meningkatkan kesiapan Prodi dan Fakultas dalam menghadapi program MBKM. Acara ini dihadiri para dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, serta stakeholder dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.  

Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Administrasi umum, Perencanaan dan Keuangan, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiwaan dan Kerjasama, serta seluruh koordinator Prodi dan Tim Penyusun Kurikulum Kampus Merdeka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga. Narasumber yang dihadirkan yaitu Dr. Harjum Muharam, SE., ME. Dosen Universitas Diponegoro Semarang.

Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Salatiga, Dr. Anton Bawono, SE., M.Si. memberikan sambutan sekaligus membuka acara Workshop Penyusunan Draft Kurikulum Kampus Merdeka, dimana esensi dari Kurikulum Kampus Merdeka adalah memberikan kebebasan kepada mahasiswa dari kajian dan materi yang diinginkan. Dr. Anton Bawono, M.Si. berharap setiap program studi memunculkan keunikan-keunikan yang bisa terpayungi oleh visi, misi, sasaran Unit Pengelola Program Studi. Diakhir sambutannya Dekan FEBI menyampaikan ajakan untuk mendiskusikan dan merumuskan acara ini bersama-sama dengan maksimal untuk kemashlahatan dan kemajuan Fakultas dan mahasiswa semua. “dalam kegiatan ini seluruh dosen untuk bisa mereview, sharing, brainstorming, dan berkontribusi untuk kemajuan bersama,” ungkap Dekan.          

Dr. Harjum Muharam, ME selaku narasumber pada kegiatan ini memaparkan kebijakan dan strategi review kurikulum dalam kerangka MBKM dan pada sesi kedua, pemaparan terkait review draft kurikulum MBKM bagi 4 program studi yaitu Program Studi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Manajemen Bisnis Syariah dan Akuntansi Syariah.

Pada kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para dosen tentang kurikulum MBKM, Rancangan Pembelajaran Semester, sehingga luaran yang dihasilkan berupa capaian pembelajaran, peta kurikulum serta RPS dapat optimal. (DR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *