WORKSHOP STRATEGI PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM RANGKA MENUMBUHKEMBANGKAN PARA DOSEN FEBI IAIN SALATIGA

Semarang-Humas| Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga menyelenggarakan Workshop Strategi Penulisan Karya Ilmiah di Semarang pada tanggal 5-6 Oktober 2021. Acara yang dihadiri para Dosen FEBI dengan penuh semangat dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Panitia menghadirkan narasumber, yaitu Dr. Hayat, S.AP., M.Si. dari Universitas Islam Malang dan Ali Ramdhani dari Prenada Media. Disamping narasumber, telah hadir juga Rektor IAIN Salatiga, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Keuangan, serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiwaan dan Kerjasama.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI IAIN Salatiga Dr. Anton Bawono, SE., M.Si. mengungkapkan bahwa kegiatan workshop harus semakin bermakna, sehingga bisa memajukan program dan pengembangan kelembagaan untuk FEBI pada khususnya dan IAIN Salatiga pada umumnya. Kegiatan ini, dalam rangka menumbuhkembangkan Dosen-dosen FEBI untuk rajin menulis kaitannya dengan publikasi dalam bentuk buku. “Selain untuk bisa semakin berkarya, kegiatan ini juga dalam rangka bagaimana kawan-kawan Dosen mensuport akreditasi dalam bidang publikasi ilmiah, khususnya Program Studi Ekonomi Syariah yang akan berakhir masa akreditasi,” ungkapnya.

Acara Workshop ini, dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin M.Ag. mengatakan bahwa “workshop merupakan salah satu cara kita merecharge/refresh karya ilmiah yang kita miliki untuk tetap hidup,” tegasnya. Bagaimana caranya penelitian di Perguruan Tinggi tetap hidup dan setiap tahun ada perubahan menjadi semakin baik, hasil publikasi para dosen juga semakin meningkat. Dimana peningkatan hasil publikasi tidak hanya untuk individu sendiri tetapi pada Institut. Prof. Dr. Zakiyuddin M.Ag. berharap dengan adanya kegiatan workshop publikasi bisa memberikan manfaat yang besar bagi seluruh sivitas Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Salatiga.

Dr. Hayat, S.AP., M.Si. selaku narasumber pada kegiatan workshop ini, memaparkan bagaimana proses dalam menulis buku ajar hingga siap diterbitkan, memberikan motivasi juga kepada para dosen untuk selalu menulis karena nantinya akan bermanfaat bagi mahasiswa, bagi ummat, bagi masyarakat dan bagi bangsa dan Negara serta bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang akan datang. “Jika kita menulis, kelak kita akan ditulis.” Ungkap dosen yang telah menulis banyak buku tersebut.

Setelah pemaparan narasumber pertama, yaitu mengetahui bagaimana proses dalam menulis buku ajar hingga siap diterbitkan, maka proses selanjutnya yaitu menentukan penerbit buku yang berkualitas. Telah hadir, Ali Ramdani selaku narasumber kedua dari Prenada Media, beliau memaparkan kiat terbitkan buku ajar melalui Prenada Media. Mulai dari Prosedur mengajukan naskah, skema kerjasama penerbitan serta tips menerbitkan buku di Prenada Media.

Kegiatan Workshop telah berjalan dengan lancar, semoga melalui kegiatan ini para dosen di lingkungan FEBI IAIN Salatiga dapat menciptakan buku ajar yang bermanfaat bagi semua khalayak, khususnya mahasiswa. Sehingga bisa meningkatkan minat mahasiswa dalam pembelajaran di kelas dan meningkatkan kualitas pembelajaran, dari buku ajar tersebut dapat belajar dimana saja dan kapan saja, selain itu hasil penciptaan buku juga mendukung akreditasi dalam bidang publikasi ilmiah. (DR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *