Yogyakarta-Humas | Dalam rangka memberikan semangat kepada para dosen di FEBI IAIN Salatiga, Pengelola FEBI IAIN Salatiga adakan Workshop Akselerasi Jurnal Bereputasi Internasional di Yogyakarta pada tanggal 10 Oktober 2021 sampai dengan tanggal 11 Oktober 2021. Kegiatan workshop ini dihadiri sebanyak 55 orang dosen FEBI IAIN Salatiga dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI IAIN Salatiga, Dr. Anton Bawono, M.Si. mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan semangat kepada para dosen dalam meningkatkan atmosfer akademik di FEBI IAIN Salatiga. Dosen diharapkan dapat produktif dalam menghasilkan publikasi ilmiah, terutama publikasi ilmiah di jurnal yang bereputasi internasional. Hasil karya dari para dosen akan menyumbangkan poin bagi penilaian kinerja fakultas. “Publikasi pada jurnal yang bereputasi internasional memiliki nilai yang tinggi pada penilaian kinerja fakultas,” tegasnya.

Selaku narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Deni Kamaludin Yusuf, M.Ag., yang merupakan dosen FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung sekaligus Senior Consultant ICITIS Bandung. Beliau memaparkan tips dan trik untuk bisa menembus publikasi di jurnal bereputasi internasional, bagaimana perjuangannya dalam menembus publikasi ilmiah di jurnal bereputasi internasional. Dosen yang memiliki ID Scopus 57200072035 ini mengatakan bahwa penelitian yang baik adalah penelitian yang bisa dipublikasikan di jurnal ilmiah. “Skripsi dengan jumlah halaman di bawah 100 tetapi selesai lebih baik daripada skripsi yang jumlahnya di atas 100 namun tidak selesai,” jelasnya.

Setelah kegiatan ini diharapkan para dosen dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah kemudian bisa dipublikasikan di jurnal ilmiah terutama di jurnal ilmiah yang bereputasi internasional, sebab membuat publikasi ilmiah merupakan tugas pokok dan fungsi sebagai dosen atau pengajar di perguruan tinggi. Semoga kegiatan ini dapat mengakselerasi pencapaian visi FEBI IAIN Salatiga yaitu menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang unggul dan menjadi rujukan di Indonesia dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat bagi terwujudnya masyarakat yang damai bermartabat pada tahun 2029.

FEBI IAIN Salatiga, BISA! (AHK)