Salatiga-Humas │ Pada hari Rabu pagi tanggal 25 Agustus 2021, sebanyak 101 orang wisudawan tampak memasuki Ruang Aula Kampus 3 IAIN Salatiga dengan tertib. Mereka mengenakan toga  berwarna hitam lengkap dan mengenakan masker sebagai bagian dari penegakan protokol kesehatan. Mereka kemudian duduk di kursi yang telah ditata sedemikian rupa oleh panitia sehingga jarak antar kursi sesuai dengan anjuran pemerintah. Sorot mata bahagia terpancar dari para peserta sambil menunggu acara di mulai.

Suasana khidmat terasa ketika acara dimulai. Diawali dengan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne IAIN Salatiga yang dilanjutkan dengan Sambutan Dekan. Dalam sambutannya Dekan mengajak kepada seluruh wisudawan untuk tetap menyambung silaturahmi dengan almamater, “Kami di fakultas memerlukan beberapa inventaris data untuk keperluan akreditasi, seperti berapa lama masa tunggu alumni, kesesuaian tempat kerja dengan latar belakang pendidikan, skala pekerjaan apakah nasional, regional, atau internasional. Kami memerlukan bantuan dari kawan-kawan di Ikatan Alumni.”, jelasnya. Pada kesempatan tersebut, Dr. Anton Bawono, M.Si. juga berpesan untuk selalu mensyukuri apapun pekerjaan kita, karena dengan bersyukur maka nikmat kita akan ditambah oleh Allah SWT.

Acara dilanjutkan dengan pembekalan Wisudawan oleh (Purn.) H. Yoyok Riyo Sudibyo yang bertajuk “Melihat Peluang Bisnis di Kala Pandemi”. Pembekalan dimulai dengan memberi semangat kepada para wisudawan. “Kebanyakan pola asuh dari orang tua kita adalah mendidik anaknya untuk menjadi Guru, Pegawai, dan lain-lain. Hampir tidak ada yang mendorong anaknya untuk menjadi pebisnis. Padahal jika dilihat mayoritas orang yang sejahtera secara ekonomi adalah pedagang atau pebisnis.”, kata beliau. Pembekalan kepada wisudawan ini penting sebab akan menjadi bekal pemahaman bagaimana gambaran kehidupan setelah lulus kuliah.

Sambutan wisudawan disampaikan oleh Ike Dwi Astuti, S.E. Ike menyampaikan rasa syukur ke hadirat Allah SWT atas capaian yang ia dan para wisudawan peroleh hari ini. Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pimpinan, Dosen, Karyawan, dan semua pihak yang telah membantu selama masih menuntut ilmu di FEBI. “Tidak lupa kami juga mohon maaf kepada bapak ibu semuanya atas tingkah laku dan tutur kata kami yang kurang berkenan.”, lanjutnya.

Pada kesempatan ini pula, Ketua IKA FEBI, Tri Wahyono, S.E. mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pimpinan FEBI yang telah memfasilitasi acara Pelepasan Wisuda ke-14 ini juga ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan studi dengan baik. “Setelah keluar dari sini (red-IAIN Salatiga) memiliki tanggungjawab yang besar yaitu implementasi dari ilmu yang telah diperoleh untuk kemanfaatan bagi masyarakat.”, tambahnya. Tri Wahyono juga berharap tetap berkabar antar sesama alumni, memaksimalkan fungsi website IKA FEBI untuk bisa membantu fakultas melakukan tracing kepada Alumni.

Semoga para Alumni FEBI IAIN Salatiga bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa. Aamiin. (HKN)