Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga 2021

Salatiga-Humas | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memulai aktivitas mahasiswa baru melalui PBAK Fakultas pada hari Kamis-Jumat, 12-13 Agustus 2021. Acara dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, ditayangkan secara live streaming di youtube DEMA FEBI IAIN Salatiga dan offline (tatap muka) yang dilaksanakan di Aula Kampus 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang dihadiri secara langsung oleh jajaran pimpinan di lingkungan FEBI IAIN Salatiga serta sebagian peserta dan juga tidak lupa dengan menerapkan protokol kesehatan.

PBAK Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 2021 diikuti kurang lebih 767 peserta dengan mengangkat tema “Aktualisasi Karakter Mahasiswa yang Unggul Spiritual dan Intelektual Sebagai Calon Ekonom Syariah”. Adapun tujuan dari kegiatan PBAK ini yaitu untuk memperkenalkan budaya akademik kampus,  memperkenalkan lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang akan menjadi tempat para mahasiswa baru menimba ilmu, serta ajang mempersembahkan motivasi kepada mahasiswa baru.

Sambutan-sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia (Yuni Inawati), Presiden DEMA FEBI (Muhammad Miftahul Huda) dan sambutan sekaligus acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga, Dr. Anton Bawono, SE., M.Si.

Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa Fakultas FEBI termasuk Fakultas yang paling favorit dan mahasiswa baru FEBI termasuk mahasiswa yang paling banyak. Selain itu, mahasiswa baru dituntut untuk memanfaatkan usia emasnya untuk digunakan dengan sebaik-baiknya. “Manfaatkan harapan dan wujudkan harapan untuk masa depan, karena keberhasilan mahasiswa kelak akan menjadi kebanggaan diri sendiri, orang tua dan juga akan menjadi kebanggaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga”.

Harapan untuk mahasiswa kedepannya “Jadilah generasi yang membanggakan, mandiri, berprestasi dan generasi yang menjadi harapan nusa, bangsa dan agama tentu menjadi harapan semua pihak. Jadilah manusia yang migunani, mumpuni dan tentu bisa membawa mashlahah untuk diri sendiri dan orang lain.” Ungkapnya.

Tidak hanya itu, pesan lain untuk mahasiswa baru yang diungkapkan Dekan yaitu “jangan tinggalkan agama, agama tanpa ilmu tidak berdaya, ilmu tanpa agama itu akan binasa. Semoga kawan-kawan bisa mengintegrasikan keilmuan ekonomi dan agama dengan sebaik-baiknya. ”, ujar Dekan.

Telah disampaikan juga pesan untuk acara PBAK 2021 kepada panitia ataupun kakak asuh, dimana PBAK tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, yaitu tidak ada model-model kekerasan, dan tentu usahakan tidak ada kerumunan. Himbauan kedua dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, senantiasa Mahasiswa menjunjung tinggi dan menjaga kehormatan almamater berdasarkan etika, moral, dan budaya akademik, serta tanamkan rasa cinta dan bangga kepada kampus.

Dengan memohon Ridha Allah, semoga acara PBAK bisa berjalan lancar, tertib dan bisa menjunjung etika akademik dengan sebaik-baiknya. Acara dibuka dengan membaca Basmalah. “Selamat untuk berkarya, semoga mimpi, cita-cita bisa diraih sebaik-baiknya”.

Usai dilaksanakan pembukaan dan materi pada hari pertama, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan dilanjut pada hari kedua. Telah hadir Narasumber Wintang Yodha Manohara, S.Pd., dan Jamal Lutfi M.M., yang akan mengisi materi pada PBAK FEBI IAIN Salatiga.

Pemateri pertama, disampaikan oleh Wintang Yodha Manohara, S.Pd., saat ini menjabat sebagai Asosiasi distrik senior LinkAja. Materi yang disampaikan yaitu “Penguatan Industri Ekonomi Syariah dengan Basis Financial Technology”. Diakhir pemaparannya LinkAja membuka kesempatan kepada para mahasiswa entrepreneur muda untuk bekerjasama, dengan kerjasama tersebut diharapkan menjadi salah satu bentuk dalam membantu penguatan ekonomi syariah.

Pemateri selanjutnya, disampaikan oleh Jamal Lutfi, M.M., yaitu direktur Kaje Fondation. Tema yang disampaikan “Motivation to be a Good College Student”. Dalam pemaparannya, disampaikan bahwa menjadi mahasiswa harus bertindak dan memiliki sifat keberanian, kreatif, inovatif, tahan dengan tantangan hidup, serta sanggup dalam menangkap dan mewujudkan peluang. Diakhir pemaparan, Pak Jamal Lutfi mengajak para mahasiswa untuk bergabung dengan sosial media dari Jamal Lutfi yang akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar menjadi pengusaha.

Kegiatan PBAK hari kedua telah berjalan dengan lancar, diikuti oleh para mahasiswa dengan antusias dan aktif, meskipun sebagian peserta melaksanakan secara daring dan tentunya mahasiswa mendapatkan banyak ilmu, relasi, pengalaman dari para pemateri.(DR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *