Logo Branding dan Tagline FEBI Resmi Diluncurkan

Dekan menyerahkan simbolis hadiah kepada pemenang sayembara lomba logo branding FEBI

Salatiga-Humas | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Salatiga resmi meluncurkan logo branding dan tagline baru pada hari Senin (12/3) di Aula Kampus 1 IAIN Salatiga oleh Dekan FEBI, Dr. Anton Bawono, M.Si. Logo branding dan tagline yang baru ini diharapkan FEBI dapat lebih mudah dikenal oleh masyarakat umum, sementara bagi FEBI sendiri bertujuan untuk meningkatkan semangat korps dalam memajukan FEBI.

Logo branding FEBI merupakan karya dari mahasiswa pascasarjana Magister Ekonomi Syariah IAIN Salatiga yaitu Muhammad Syaril. Logo ini menyerupai bunga matahari memiliki makna sebagai berikut:

  1. Bentuk dasar bunga matahari hal ini dipilih bukan tanpa alasan. Bunga matahari adalah bunga yang unik dan memaksimalkan waktu sebaik mungkin dari terbit matahari sampai terbenam. Hal ini melambangkan semangat masyarakat FEBI yang selalu optimis dan berintegritas tinggi dalam mengamalkan serta mengajarkan ilmunya.
  2. Kelopak bunga berjumlah 12, ini menyiratkan Al Qur’an surat al-Israa’ ayat 12 dengan harapan masyarakat FEBI bisa bersungguh-sungguh dalam mencari karunia Allah SWT, dimana dalam hal ini adalah kegiatan duniawi seperti mengenyam pendidikan ataupun bermuamalah dan ukhrawi seperti beribadah bersungguh-sungguh selama masih ada waktu.
  3. Kelopak bunga berbentuk rantai, melambangkan pengabdian FEBI yang kuat untuk mewujudkan terciptanya masyarakat yang damai dan bermartabat.
  4. Biji bunga dan gerigi roda melambangkan masyarakat FEBI adalah bibit serta penggerak bagi masa depan ekonomi dan bisnis Islam di Indonesia.
  5. Tulisan FEBI membentuk buku, bahwasannya keilmuan yang bagus dilandasi dengan belajar dan dilambangkan dengan buku yang membentang lebar layaknya daun yang selalu menyerap cahaya untuk fotosintesis, menyiratkan bahwa ilmu itu diserap dan meninggikan serta melebarkan. Huruf yang menyerupai angka 1 dengan harapan FEBI IAIN Salatiga menjadi nomor 1 dan unggul sebagai fakultas rujukan di Indonesia.

Rekal di bawah sebagai pondasi yang melambangkan FEBI adalah fakultas yang kokoh dengan didukung ornamen yang cantik berupa 5 titik (diamond) yang berarti landasan 5 sila pancasila sebagai bukti bahwa FEBI berkontribusi besar terhadap negara dan 5 rukun Islam sebagai bukti bahwasanya FEBI berpegang teguh pada Islam diiringi dengan bentuk anak panah ke atas yang menandakan sebuah harapan bahwasanya FEBI sebagai sebuah fakultas semakin menunjukkan eksistensinya tanpa meninggalkan 5 sila Pancasila dan 5 rukun Islam, dan dengan harapan semakin lama semakin jaya dengan melahirkan masyarakat lulusan IAIN Salatiga yang cerdas dan berakhlakul karimah.

Tagline yang dikenalkan FEBI ialah inspiratif, produktif, dan inovatif. Adapun arti dari masing-masing tagline tersebut yaitu,

  1. Inspiratif

Inspiratif berarti bisa memberikan pengaruh berupa semangat dan kekuatan untuk melakukan atau membuat sesuatu. Demikian halnya FEBI, diharapkan bisa memberikan semangat dan kekuatan bagi keluarga besar FEBI untuk berkarya yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun bangsa dan negara. Selain itu, FEBI bisa menjadi rujukan inspirasi bagi pihak eksternal untuk kemajuan yang ada pada mereka.

2. Produktif

Produktif bisa diartikan sebagai suatu sikap yang ingin terus berkarya atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi umat. FEBI ingin memberikan manfaat yang banyak kepada masyarakat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semangat ini dilandasi semangat خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ yang berarti “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad)

3. Inovatif

Bisa dikatakan bahwa inovatif ialah kemampuan berpikir yang menghasilkan solusi dan gagasan di luar bingkai konservatif. Budaya inovasi di FEBI akan terus dijaga agar bisa mewujudkan pelayanan prima kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Semoga dengan logo branding dan tagline baru ini, FEBI IAIN Salatiga semakin manfaat dan barokah seperti harapan kita semua. (HKN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *