JURUSAN PERBANKAN SYARIAH S-1

Visi:

Menjadi jurusan/program studi rujukan dalam ilmu perbankan syariah dan ekonomi Islam bagi terwujudnya masyarakat damai dan bermartabat di tahun 2024.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Mengembangkan program studi sebagai centre of research ilmu-ilmu perbankan syariah dan ekonomi Islam.
  2. Memberikan layanan prima kepada mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan akademik dan profesionalisme di bidang perbankan syariah.
  3. Menciptakan lulusan yang kompeten dan siap mengelola lembaga keuangan syariah.
  4. Menciptakan calon pelaku bisnis dan wirausahawan yang jujur, amanah dan menguasai ilmu-ilmu keislaman dan manajemen keuangan syariah.
  5. Menciptakan lulusan yang mampu mengembangkan ekonomi Islam yang dapat diterapkan kepada masyarakat.
  6. Menciptakan lulusan yang menguasai teknologi manajemen keuangan syariah.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan dalam bidang perbankan syariah dan ekonomi syariah.
  2. Membentuk sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang perbankan syariah dan ekonomi syariah.
  3. Menyiapkan lulusan menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman dan teknologi perbankan.
  4. Menyiapkan lulusan untuk menjadi praktisi dan analis di bidang Perbankan Syariah, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang perbankan syariah serta mampu menerapkan teori- teori perbankan syariah.
  5. Menyiapkan calon entrepreneur yang memiliki semangat kewirausahaan Islami.
  6. Menghasilkan riset di bidang perbankan syariah, sehingga menambah kemajuan dunia perbankan syariah.
  7. Menjadi salah satu program studi perbankan syariah rujukan bagi  calon mahasiswa di Indonesia.

 

SASARAN PROGRAM STUDI PS S1

 

No

Sasaran

1 Penerapan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai kerangka kurikulum Nasional Indonesia yang sesuai kebutuhan masyarakat (dibuktikan dengan dokumen kurikulum dan dokumen review kurikulum)
2 Meningkatnya jumlah  lulusan yang mendapatkan pekerjaan serta dapat berkarya di masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dalam tahun pertama.(dibuktikan dengan dokumen penelusuran alumni)
3 Meningkatnya jumlah dan kualitas hasil penelitian dosen dan mahasiswa yang relevan dengan studi ekonomi Islam dan perbankan syariah.(dibuktikan dengan laporan penelitian)
4 Meningkatnya jumlah minimal karya ilmiah dosen yang dipublikasikan dijurnal terakreditasi nasional. (dibuktikan dengan dokumentasi jurnal terakreditasi yang memuat karya ilmiah dosen)
5 Tercapai persentase minimal lulusan sarjana program studi Perbankan Syariah yang berprestasi dan tepat waktu.(dibuktikan dari data ujian munaqoshah  dan indeks prestasi alumni)
6 Meningkat kualitas pelayanan di bidang akademik dan non akademik. (dibuktikan dari hasil survey evaluasi kinerja pelayanan tiap semester)
7 Meningkatnya kinerja dosen dan karyawan. (dibuktikan dari Laporan Kinerja Dosen, hasil survey evaluasi kinerja dosen)
8 Kerjasama dengan berbagai lembaga di luar program studi (dibuktikan dengan MOU kerja sama, Laporan kegiatan yang diikuti oleh dosen PS di LN)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>