Workshop Jurnalistik: Sintesa Teori dan Praktik

Dalam rangka membuka wawasan jurnalistik bagi seluruh sivitas akademika, IAIN Salatiga menggelar “Workshop Pengelolaan Media Online”. Workshop dilaksanakan  pada Kamis, 23 Agustus 2018, di ruang perpustakaan pusat IAIN Salatiga, yang dipandu langsung oleh Muslimah Susilowati, M. Pd, dengan diikuti oleh puluhan peserta delegasi dari setiap fakultas.

Workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang administrasi umum, keuangan, dan kepegawaian, Dr. Kastolani, M. Ag. Dalam sambutannya, Kastolani menyampaikan bahwa tujuan workshop ini adalah untuk mengahasilkan jurnalis-jurnalis, baik untuk Dosen maupun Mahasiwa. Karena siapapun yang memegang informasi adalah mereka yang memegang dunia ini.

Workshop yang berlangsung selama sehari penuh ini menghadirkan narasumber dari media Liputan6.com, Edie Prayitno Ige. Dalam workshop ini, Edie menyampaikan tiga materi pokok. Pertama, materi tentang menulis opini/kolom, kedua teknik reportase dan menulis berita online, tips dan trik SEO (Search Engine Optimization), dan terakhir materi tentang pengelolaan media sosial untuk branding kampus.

Ada bebera pesan yang disampaikan dalam workshop ini, di antaranya yaitu trik-trik jitu dalam menulis. Ada tiga trik dalam menulis, yaitu pelajari apa yang mau ditulis, tulis dengan bahasa singkat dan jelas, dan baca apa yang telah ditulis. Di akhir materinya, Edie berpesan, bahwa “Dalam menulis opini, menulislah seobjektif mungkin, dari sudut yang paling subjektif”.

Saya sangat meng-apresiasi dengan adanya acara workshop jurnalistik ini, dan saya berharap acara ini ada follow up-nya, sehingga bisa mengembangkan kemampuan menulis seluruh sivitas akademika IAIN Salatiga untuk menjadi lebih baik lagi. Karena, bagi saya Journalism is not medicine, but it can heal. It is not law but it can bring about justice. It is not military but it can help keep us safe (Mary Mapes),” Tutur Rofiuddin salah satu peserta workshop sekaligus Dosen Ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga. (Rina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat