SERABI: Semarak Ramadhan FEBI

Pengelola dan pengurus Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN salatiga menyelenggarakan rangkaian kegiatan ramadhan yang bertemakan “Ceriakan Ramadhan, Raihlah Keberkahan, Wujudkan Generasi Tauladan”. Acara ini diselenggarakan di aula FEBI pada Rabu, 30 Mei 2018. Acara ini merupakan acara rutin tahunan yang diselengggarakan atas kerjasama antara pengelola dan pengurus DEMA FEBI. Tujuan kegiatan tersebut agar civitas akademika dapat mengisi kegiatan-kegiatan dalam bulan ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Presiden Dewan Mahasiswa Nur Afifudin, dalam sambutannya, menuturkan bahwa, “ rangkaian kegiatan ini terdiri dari berbagai rangkaian acara, yaitu kajian ba’da dzuhur, lomba antar TPA/TPQ sewilayah kota salatiga, dan dilanjutkan pada acara inti, yaitu pengajian dan santunan anak yatim”. Kajian ba’da dzuhur dilaksanakan pada tanggal 22 mei dan 5 juni 2018. Pemateri dalam kajian ini adalah beliau bapak Dr. Muchlasin, M.Ag (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) dan Dr. Ahmad Mifdlol M, M.SI (Ketua Program Studi Ekonomi Syariah).

Lomba antar TPA/TPQ sewilayah kota Salatiga diikuti sekitar 100 anak yang ada di TPA/TPQ dan MI di wilayah Salatiga. Terdapat empat kategori lomba, yaitu pildacil, lomba adzan, hafalan, dan kaligrafi. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 29 mei 2018. Lomba ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi terhadap anak TPA/TPQ yang sudah belajar tentang agama dengan baik karena mereka adalah penerus-penerus bangsa yang diharapkan. Sementara acara inti pengajian dan santunan anak yatim diselenggarakan pada tanggal 30 mei 2018.

Acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Anton Bawono, M. Si, dalam sambutannya, menuturkan bahwa, “Rangkaian kegiatan ramadhan yang bertemakan Ceriakan Ramadhan, Raihlah Keberkahan, Wujudkan Generasi Tauladan merupakan bagian syiar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam untuk seluruh civitas akademika dan masyarakat luas. Civitas Akademika FEBI harus dapat memberikan kemanfaatan dan kemaslahatan umat sehingga terbentuk masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera”. Tak lupa Dekan juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak dan panitia yang telah memberikan sumbangsih pikiran dan tenaga sehingga terlaksananya kegiatan tersebut.

Acara ini diakhiri dengan mauidhah hasanah yang disampaikan oleh Dr. K.H. Saefudin Zuhri, selaku ketua MUI di Salatiga ini, sekaligus dosen di UIN Walisongo Semarang. Dalam mauidhah hasanahnya, Dr. K.H. Saefudin Zuhri, menyampaikah bahwa, “Anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa diharapkan mampu memanfaatkan momentum Ramadhan ini sebagai sarana untuk membangkitkan jiwa sosial secara berkelanjutan. Kegiatan-kegiatan seperti buka puasa bersama dan pemberian santunan kepada anak yatim maupun orang yang tidak mampu perlu dilakukan sehingga dapat memupuk jiwa sosial. Ketika sejak dini anak-anak muda secara rutin melakukan kegiatan yang mampu membangkitkan jiwa sosial maka ke depan akan memiliki kesadaraan terhadap pentingnya kepedulian terhadap sesama.”(SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *