Ecbiss; Melahirkan Generasi Militan di Era Millenial

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam rangka memperingati dies natalis IAIN ke-48 ini, menyelenggarakan kegiatan debat Economics and Business Competition 2018, atau yang lebih dikenal dengan sebutan “ecbiss” diikuti oleh 132 peserta yang terbagi menjadi 44 tim, dengan rincian 22 tim pro dan 22 tim kontra. Kegiatan yang bertemakan Digital Economics and Business for Islamic Millennial Generations 2018 tersebut, tidak hanya serangkaian acara untuk menyemarakkan dies natalis, akan tetapi kompetisi ini merupakan ajang untuk melahirkan generasi militan yang siap untuk menghadapi problematika ekonomi di era millenial.

“Kegiatan ini dilaksanakan semi-formal dengan konsep debat Parlemen Asia. Yaitu tim pro dan tim kontra akan beradu argumentasi terhadap mosi yang telah ditentukan oleh panitia. Yang kemudian akan diambil 5 pemenang, yaitu juara I, II, III, harapan I, dan juara terfavorit”, Tutur Rina Rosia selaku dosen Ekonomi Syariah yang bertugas menyusun mosi debat ecbiss.

Sementara itu, Saiful Anwar selaku panitia pelaksana lomba sekaligus dosen Akuntansi Syariah IAIN Salatiga, menambahkan, bahwa “Mahasiswa harus turut aktif mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah dalam menghadapi permasalahan ekonomi di negara ini. Maka dari itu, kampus perlu memfasilitasi, setidaknya dimulai dengan adanya ajang debat mahasiswa, agar mahasiswa tergugah dan ikut memikirkan negara ini.”

Acara debate competition tersebut dibuka secara resmi oleh Dr Anton Bawono, M.Si, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga. Dalam pidatonya, Dekan menuturkan bahwa, “kompetisi ini bukan hanya merupakan kompetisi utuk merebutkan piala kemenangan, namun kompetisi ini merupakan ajang untuk melatih keberanian dan aktualisasi diri bahwa mahasiswa juga mampu memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa. Harapan saya, dari debat kompetisi ini, mampu melahirkan Adam Smith “modern”, Keyness “jaman now”, yang mampu mendobrak tantangan problematika perekonomian di masa mendatang.” (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *